Ads Amsa

Mengenal Perbedaan Ibadah Umroh dan Haji

Hai teman-teman semua, apa teman-teman tahu perbedaan ibadah umroh dan haji? Jika belum, yuk simak artikel di bawah ini.

Umroh dan haji merupakan dua ibadah yang sangat penting dalam agama Islam dan dilakukan di Tanah Suci, Makkah dan Madinah.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT, namun terdapat perbedaan dalam rukun, persiapan, dan biaya antara ibadah umroh dan haji.

Berikut Perbedaan Ibadah Umroh dan Haji

1. Rukun

Rukun atau syarat dalam ibadah umroh terdiri dari empat yaitu, ihram, tawaf, sa’i, dan tahalul. Sedangkan rukun dalam ibadah haji terdiri dari lima yaitu, ihram, wukuf, tawaf, sa’i, dan tahalul.

Dalam ibadah haji, wukuf di Arafah merupakan rukun yang paling penting dan harus dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

2. Persiapan

Persiapan umroh lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan persiapan untuk ibadah haji. Ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja selama setahun dan tidak ada batasan jumlah jamaah yang bisa melakukannya.

Sementara itu, ibadah haji hanya dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah dan terdapat batasan jumlah jamaah yang bisa melakukannya.

Selain itu, dalam persiapan ibadah haji, jamaah harus melakukan pendaftaran dan memperoleh visa dari pemerintah Arab Saudi, serta mempersiapkan dokumen-dokumen lain seperti surat keterangan sehat, sertifikat vaksin, dan lain-lain.

Sedangkan untuk ibadah umroh, proses persiapan bisa lebih sederhana dengan hanya membeli paket umroh dari travel umroh yang terpercaya dan memperoleh visa dari kedutaan besar Arab Saudi di negara asal.

Baca Juga:  5 Panduan Persiapan Umroh untuk Pemula

3. Biaya

Biaya untuk ibadah haji cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ibadah umroh. Hal ini disebabkan oleh adanya persyaratan-persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam ibadah haji, serta terbatasnya jumlah jamaah yang dapat melaksanakan ibadah tersebut setiap tahunnya.

Biaya untuk ibadah umroh dapat bervariasi tergantung dari jenis paket umroh yang dipilih dan waktu keberangkatan.

Namun, biaya bukanlah menjadi halangan untuk melakukan ibadah umroh atau haji. Karena keduanya merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat Islam, banyak lembaga atau travel umroh seperti Alhamyn yang memberikan berbagai macam paket umroh dan haji dengan harga yang terjangkau serta fasilitas yang lengkap untuk memudahkan jamaah dalam melaksanakan ibadah tersebut.

4. Waktu pelaksanaan

Ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja selama setahun, sementara ibadah haji hanya dapat dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Ibadah haji dilakukan dalam waktu yang ditentukan, yaitu dari tanggal 8 hingga 13 Dzulhijjah. Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja di luar waktu tersebut.

5. Tempat pelaksanaan

Ibadah umroh dan haji dilaksanakan di dua tempat suci, yaitu Makkah dan Madinah. Namun, terdapat perbedaan dalam tempat pelaksanaan ibadah umroh dan haji. Dalam ibadah umroh, jamaah hanya melakukan tawaf di Ka’bah dan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah. Sedangkan dalam ibadah haji, jamaah melakukan tawaf di Ka’bah, sa’i di antara bukit Safa dan Marwah, serta wukuf di Arafah.

6. Jenis ibadah

Meskipun tujuan dari kedua ibadah adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, namun terdapat perbedaan dalam jenis ibadah yang dilakukan dalam umroh dan haji. Ibadah umroh hanya terdiri dari empat rukun, yaitu ihram, tawaf, sa’i, dan tahalul. Sedangkan ibadah haji terdiri dari lima rukun, yaitu ihram, wukuf, tawaf, sa’i, dan tahalul.

Baca Juga:  Mengenal Sejarah Umroh dan Perkembangannya di Dunia Islam

7. Jumlah jamaah

Jumlah jamaah yang melakukan ibadah haji terbatas setiap tahunnya, sedangkan jumlah jamaah yang melakukan ibadah umroh tidak terbatas. Hal ini disebabkan oleh adanya persyaratan-persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam ibadah haji, seperti syarat kesehatan, visa, dan lain-lain.

8. Tingkat kesunnahan

Ibadah haji memiliki tingkat kesunnahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ibadah umroh. Hal ini disebabkan oleh adanya rukun tambahan dalam ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah, yang merupakan salah satu rukun paling penting dalam ibadah haji.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, perbedaan ibadah umroh dan haji adalah di bagian waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, jenis ibadah, jumlah jamaah, dan tingkat kesunnahan.

Meskipun terdapat perbedaan tersebut, namun keduanya memiliki nilai penting dalam agama Islam dan harus dilaksanakan dengan penuh rasa ikhlas dan keikhlasan.

Oleh karena itu, sebelum melaksanakan ibadah umroh atau haji, kita harus mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari rukun serta tata cara pelaksanaannya agar dapat melaksanakan ibadah.

Bagikan Artikel:

Media Partner

Maksimalkan performa Digital Marketing perusahaan anda bersama Amsa Studio – Digital Marketing agency yang telah berpengalaman sejak 2014 dan telah membantu puluhan perusahaan dari dalam hingga luar negeri

Ikuti Kami

Ikuti kabar terbaru kami

Kamu telah berlangganan! Sepertinya ada yang salah!
Edit Template

About

Al muslim on adalah situs berita seputar dunia islami yang berisikan mulai dari sejarah, wawasan, doa, profil, seni, dan sebagainya.

© 2023 Developed by Amsa