Ads Amsa

6 Syarat Haji Yang Harus Diketahui!

Bagi setiap umat muslim pasti sudah tidak asing dengan jenis ibadah yang satu ini. Ibadah haji merupakan jenis ibadah yang hanya bisa dikerjakan di tanah suci saja. Ibadah tersebut merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap umat Muslim yang mampu dan sanggup untuk menunaikannya, baik mampu secara fisik, mental, dan juga secara finansial. 

Dalam menunaikan ibadah yang hanya dikerjakan di tanah suci tersebut ada beberapa syarat-syarat wajib yang harus dipenuhi oleh umat muslim, agar pelaksanakan ibadah tersebut seorang muslim dianggap sah. Lantas apa saja syarat-syarat wajib yang harus dipenuhi oleh umat muslim ? simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Haji

Ibadah haji adalah ibadah yang ditunaikan oleh umat muslim di tanah suci Makkah, Arab Saudi. Perbedaan umroh dan haji adalah ibadah ini hanya dikerjakan di tanah suci tersebutini hanya bisa dikerjakan oleh umat muslim pada waktu tertentu saja, yakni hanya bisa dikerjakan pada saat musim haji saja yang berlangsung pada bulan Syawal, Dzulqadah, sampai bulan Dzulhijjah

Sebelum memutuskan untuk menunaikan ibadah tersebut, seluruh umat muslim harus mengetahui apa saja syarat-syarat yang diperlulan untuk menunaikan Ibadah yang hanya dikerjakan di tanah suci tersebut di tanah suci.

Syarat Haji

Untuk dapat melaksanakan ibadah haji, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon jamaah. Berikut adalah 6 syarat haji yang harus dipenuhi:

1. Beragama Islam

Syarat utama untuk menunaikan ibadah yang satu ini adalah beragama Islam. Karena ibadah yang satu ini merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim bagi yang sudah mampu

Baca Juga:  5 Panduan Persiapan Umroh untuk Pemula

2. Baligh

Setiap calon jamaah harus sudah baligh atau mencapai usia dewasa. Usia baligh ditetapkan pada usia 12 tahun pada umumnya, tetapi bisa berbeda-beda tergantung pada mazhab yang dianut.

3. Sehat

Calon jamaah harus sehat secara fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah tersebut. Ini karena ibadah tersebut memiliki beberapa ritus yang membutuhkan tenaga dan daya tahan yang cukup, seperti wukuf di Arafah.

4. Mampu

Calon jamaah harus memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk membiayai ibadah tersebut dan biaya hidup saat berada di tanah suci. Kemampuan finansial ini meliputi biaya transportasi, akomodasi, makanan, serta biaya-biaya lain yang terkait dengan ibadah tersebut.

5. Mahram

Bagi calon jamaah wanita, syarat yang harus dipenuhi adalah harus memiliki mahram atau wali yang menemani selama menjalankan ibadah tersebut. Mahram yang dimaksud adalah suami atau kerabat laki-laki yang dilarang menikah dengan jamaah wanita tersebut.

6. Perjalanan yang sah

Calon jamaah harus melakukan perjalanan ke Arab Saudi dengan menggunakan jasa travel atau biro perjalanan yang telah terdaftar dan memiliki izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan, gagal berangkat, atau resiko yang lainnya.

Penutup

Itulah pengertian tentang ibadah haji dan juga syarat-syarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap jamaah yang akan menunaikannya. Semoga sahabat ALHAMYN bisa menunaikan ibadah tersebut di tanah suci.

Bagikan Artikel:

Media Partner

Maksimalkan performa Digital Marketing perusahaan anda bersama Amsa Studio – Digital Marketing agency yang telah berpengalaman sejak 2014 dan telah membantu puluhan perusahaan dari dalam hingga luar negeri

Ikuti Kami

Ikuti kabar terbaru kami

Kamu telah berlangganan! Sepertinya ada yang salah!
Edit Template

About

Al muslim on adalah situs berita seputar dunia islami yang berisikan mulai dari sejarah, wawasan, doa, profil, seni, dan sebagainya.

© 2023 Developed by Amsa